Sekarang udah berakhir sich musim main layangan atau layang-layang. Tapi gue pengen aja menulis trik membuat benang gelasan yang tajam. hehe..
Nah seperti di daerah kami kalteng, layangan selalu menjadi aduan di kala sore hari. Nah banyak deh layangan yang berterbangan. Oleh karena persaingan yang ketat, maka di butuhkan benang yang tajam agar dapat memutuskan layangan lawan kita..
Benang gelasan bisa kita beli, cuman kualitasnya yah biasa aja.
Tapi kalo kita membuat sendiri maka kualitas dapat kita tentukan sendiri..
Berikut trik dan tips membuat benang gelasan lebih tajam..
1. Siapkan benang gelasan yang sudah kita beli.
2. Kumpulkan bermacam-macam kaca atau beling.
3. Siapkan lem kayu dan tepung tapioka.
Berikut proses pembuatannya..
1. Tumbuklah kaca dan beling tersebut hingga menjadi bubuk kaca.
2. Rentangkan benang gelasan kita sampai habis.
3. Buat adonan lem kayu dan tepung sampai kental, kalian bisa menambahkan telur ayam kampung untuk menambah daya rekat.
4. Campurkan bubuk kaca dan adonan diatas sampai merata.
5. Oleskan adonan tadi ke benang gelasan yang sudah direntangkan, biasanya untuk hasil baik olesan mesti lebih dari 2 kali.
6. Segera jemur di panas matahari, sampai benar-benar kering dan adonan sudah lengket.
Nah kalo udah bener siap, silahkan mainkan layangan anda semoga menang..hehe..